Cara Merawat Mobil Bekas Agar Performanya Tetap Bagus

Kondisi mobil bekas jika dibandingkan dengan mobil baru tentu saja berbeda. Oleh karena itu, untuk menjaga performanya, mobil bekas yang dulunya Anda beli melalui cicilan mobil bekas murah Jakarta perlu dirawat secara maksimal demi menjaga performanya agar tetap bagus. Berikut adalah beberapa cara merawatnya:


Cara Merawat Mobil Bekas Agar Performanya Tetap Bagus

1.       Lakukan pengecekan mobil secara berkala. Mesin merupakan komponen paling penting yang tidak dapat dipisahkan dari mobil karena membuat mobil bisa beroperasi dengan baik. Untuk itulah, Anda disarankan untuk melakukan pengecekan pada mobil secara berkala di bengkel yang sudah Anda percaya. Pengecekan ini harus dilakukan secara teratur dengan tujuan supaya tidak ada mesin yang rusak ketika dikendarai.


2.       Periksa ban saat akan digunakan. Pastikan saat Anda hendak menggunakan mobil, maka periksalah terlebih dahulu kondisi ban mobil bekas tersebut. Cek ketebalannya serta tekanan angin ban. Jangan sampai diabaikan, karena jika sampai tekanan ketebalan ban berkurang, maka bisa sangat membahayakan dan berisiko terjadi kecelakaan. Disarankan Anda mengisi ban mobil dengan nitrogen daripada angin biasa karena membuat ban mobil menjadi awet.


3.       Jangan berkendara di jalanan yang berlubang. Saat mengemudi, jangan mengendarai mobil di jalan yang tidak rata atau berlubang, apalagi dengan kecepatan yang tinggi. Jika hal tersebut terjadi, maka akan berpengaruh pada suspensi mobil yang mana membuatnya lebih mudah rusak. Bahkan, membuat permukaan ban mobil juga akan cepat menipis. Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak berkendara di jalanan yang berlubang agar tidak mengalami hal tersebut, ya!


4.       Ganti oli sesuai jadwal. Agar komponen-komponen pada mobil bekas Anda bisa memiliki usia yang panjang, maka gantilah olinya sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Atau, Anda bisa menggantinya jika kondisi oli sudah terlihat encer dan berwarna hitam. 


5.       Cek filter karburasi. Mobil bekas Anda terasa sulit untuk dinyalakan? Mungkin saja, bagian filter karburasinya kotor sehingga mengakibatkan mesin mobil tidak mau menyala. Cara mengatasinya adalah Anda tinggal membersihkan kotoran yang menempel pada bagian filter karburasi tersebut. Saat membersihkannya, sebaiknya jangan menggunakan kompresor karena berisiko merusaknya.


Dengan melakukan beberapa perawatan mobil bekas yang sudah dituliskan di atas, mobil Anda tentunya bisa bertahan lebih lama dan mampu beroperasi dengan sangat lancar. So, jangan sampai mengabaikan perawatannya, ya!