Mengenal Jenis dan Cara Kerja Barcode Scanner

                Pernah memperhatikan kasir toko memindai barang belanjaan Anda untuk mengetahui harganya? Alat yang digunakan tersebut adalah pemindai barcode atau barcode scanner, seperti Barcode Scanner Zebra.  Barcode scanner merupakan alat yang digunakan untuk membaca data yang ada di dalam kode bar (barcode) kemudian mengirimkannya ke dalam komputer dengan format data digital yang sederhana. Untuk kemudahan dalam penggunananya, barcode scanner memiliki beragam jenis bentuk dan teknologi yang bisa Anda temukan, di antaranya :

Mengenal Jenis dan Cara Kerja Barcode Scanner

1.       Barcode scanner tembak manual

Merupakan scanner manual yang memiliki bentuk seperti tembakan. Umumnya scanner jenis ini digunakan dengan cara menekan trigger untuk membaca kodenya. Sementara untuk memindai barcode tersebut diperlukan posisi yang pas. Lurus horizontal,agar dapat terbaca dengan baik. Scanner jenis ini dapat digunakan untuk memindai barcode 1D linier maupun 2D.

2.       Barcode scanner wireless

Salah satu jenis mesin scanner yang dapat bekerja tanpa memerlukan kabel, sehingga penggunannya pun lebih efisienKarena itulah, pemindari satu ini sangat cocok digunakan untuk keperluan industri yang berskala besar. Scanner jenis ini bahkan sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemudahaan yang sangat membantu penggunanya saat melakukan pemindaian. Misalnya saja koneksi Bluetooth atau WiFI yang dapat menjangkau jarak jauh, sehingga barang tidak perlu diletakkan di dekat komputer saat memindai.

3.       Barcode scanner auto laser

Merupakan jenis barcode yang juga digunakan secara otomatis. Saat menggunakan barcode tersebut Anda sudah tidak perlu lagi melakukan penekanan pada trigger. Namun jika diperlukan Anda juga bisa menggunakannya secara manual. Hanya saja barcode jenis ini memiliki satu laser saja. Oleh karena itu sinar laser yang ada harus pas dengan kode batang agar dapat terbaca.

4.       Camera Based Barcode Readers

Scanner barcode berbasis camera merupakan jenis pemindai barcode terbaru yang menggunakan kamera video kecil untuk mengambil gambar barcode. Gambar barcode yang tertangkap kamera nantinya akan diproses menggunakan teknik digital image processing. Hasil pemecahan kode ini kemudian dikirimkan dan diproses ke komputer.


Dari berbagai jenis scanner di atas pada dasarnya semuanya memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda satu sama lain. Perbedaan terbesar terletak pada teknologi yang digunakan serta model alat scanner. Untuk itu, sebelum Anda membeli barcode scanner ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu keperluan penggunaan scanner agar mendapatkan alat pemindai yang sesuai.