5 Cara Merawat AC Split Agar Tetap Awet

            Kamu memiliki AC Multi Split di rumah? Bagaimana performa ac tersebut di rumah? Merawat ac memang sebenarnya susah-susah gampang. Namun, jika kamu merawat ac ruangan dengan benar akan berdampak terhadap umur penggunaan dari ac tersebut. Begitu pula sebaliknya, jika kamu tidak merawatnya dengan benar, maka umur ac semakin pendek karena komponen di dalam ac akan cepat rusak.

5 Cara Merawat AC Split Agar Tetap Awet

            Nah, simak tips di bawah ini agar ac kamu tetap awet. Apa saja ya kira-kira?


1.      Pastikan PK AC Sesuai dengan Luas Ruangan

Hal pertama yang dilakukan untuk menjaga ac agar tetap awet adalah ketika kamu membeli ac tersebut. Pernah dengan istilah PK AC? PK adalah singkatan dari Paard Kracht atau daya kuda. Artinya PK di sini adalah besaran tenaga yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan sebuah ruangan. Pemilihan PK didasari dari luas ruangan yang akan di dinginkan menggunakan AC. Jika kamu membeli AC dengan ukuran PK yang kecil, maka ruangan tidak akan menjadi sejuk, begitu pula sebaliknya.

2.      Pengaturan Suhu

Selain PK, selanjutnya perhatikan pengaturan pada AC. Biasanya kesalahan terjadi pada awal menyalakan AC. Kamu yang sering mengatur suhu rendah ketika menyalakan AC ternyata tidak baik untuk kompresor AC. Hal ini akan membuat kompresor AC bekerja maksimal dan akan mengurangi umur kompresor AC dan AC menjadi cepat rusak.

3.      Servis atau Cuci AC Minimal Setiap 3 Bulan Sekali

Jika AC sudah mulai terasa tidak sejuk lagi sejak terakhir kali di bersihkan, itu merupakan pertanda bahwa AC harus segera dibersihkan kembali. Biasanya bagian filter, evaporator, dan kipas AC kotor dan membutuhkan perhatian untuk dibersihkan. Jangan lalai untuk membersihkan. Karena AC aka memerlukan daya ekstra untuk mencapai suhu yang ideal yang diinginkan. Karena kotor, AC membutuhkan waktu yang lama dan pastinya konsumsi listrik akan semakin boros.

4.      Hindari Buka Tutup Ruangan Ber-AC Trerlalu Sering

Ketika AC sudah dinyalakan, ada baiknya untuk menutup jendela dan pintu ruangan tersebut. Jika dibiarkan terbuka, AC kembali menyesuaikan suhu ruangan di dalam dengan di luar dan menyebabkan kompresor bekerja lebih keras lagi.

5.      Atur Suhu Penggunaan dengan Timer

Kamu bisa mencoba untuk menggunakan fitur timer, di mana AC dengan sendirinya akan mengatur kapan nyala dan matinya AC. Waktu terbaik penggunaan AC adalah selama 5 jam. Apabila sudah lewat dari 5 jam, ada baiknya AC diistirahatkan. Dengan fitur timer ini, akan memudahkan kamu tanpa harus menghidupkan dan mematikannya secara manual.

            Nah, itulah lima cara merawat AC agar lebih awet. Dengan melakukan hal-hal di atas, akan menghindarkan kamu dari pemborosan energy, waktu, dan biaya.

 

Referensi :

https://klasika.kompas.id/baca/cara-merawat-ac/

https://hot.liputan6.com/read/4334509/6-cara-merawat-ac-ruangan-agar-tidak-mudah-rusak-dan-awet