Tips Merawat Tas Branded Agar Tetap Bagus dan Tahan Lama

Memiliki tas mewah atau branded memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Selain prestisius dan membuat penampilan terlihat berkelas, tas branded juga bisa dijadikan koleksi dan investasi. Bahan dari tas branded biasanya berasal dari suede atau kulit.

Karena terbuat dari bahan yang unggul, tas branded perlu lebih dirawat agar tetap berkualitas dan tahan lama. Apalagi jika ingin berinvestasi tas mewah. Nah, berikut ini tips merawat tas branded agar tetap bagus dan awet, dikutip dari berbagai sumber.

Tips Merawat Tas Branded Agar Tetap Bagus dan Tahan Lama

Simpan di Ruang Dingin

Cara penyimpanan sangat berpengaruh terhadap kualitas tas. Sebaiknya simpan tas mewah di ruangan yang sejuk atau ber-AC dan tidak terkena sinar matahari langsung agar kulit tidak mudah terkelupas.

Hindari menyimpan tas di tempat yang lembab dan gelap karena dapat menyebabkan tas cepat rusak dan berjamur. Sebelum disimpan, pastikan tas dalam keadaan bersih. Selain itu, jangan membuang silika gel ke dalam kantong untuk menjaga kelembapan udara.

Bungkus Tas

Sebelum disimpan, kemas terlebih dahulu tas tersebut di dalam kantong khusus atau dustbag. Simpan dalam kondisi tidak terlalu rapat agar ada sirkulasi udara, kulit tas tidak terkelupas, juga menjaga tas branded dari noda.

Hindari menyimpan tas dalam kemasan plastik atau vinil karena dapat membuat tas lebih lembab dan mudah berjamur. Jangan lupa masukkan padding paper ke dalam tas agar bentuk tas tidak berubah alias penyok.

Keluarkan Tas Secara Rutin

Karena mahal dan takut rusak, banyak orang memilih untuk tidak menggunakannya dan menyimpannya. Padahal, menyimpan tas terlalu lama bisa membuat tas cepat rusak, kulitnya terkelupas, dan berjamur.

Untuk menghindarinya, sesekali keluarkan tas bermerek dari tempat penyimpanan agar tidak lembap dan berjamur. Anda juga dapat menggunakan tas setidaknya seminggu sekali.

Simpan di Rak Khusus

Selain ruangan yang sejuk atau ber-AC, simpan tas mewah atau tas branded di lemari tas khusus. Pilih lemari pakaian dengan desain terbuka atau rak khusus untuk tas agar tidak lembab. Hindari penyimpanan di lemari kayu karena berpotensi menimbulkan serangga yang dapat merusak tas seperti rayap

Simpan tas dalam kondisi teratur dan atur dalam posisi berdiri agar tidak menyebabkan kerusakan bentuk tas, lecet karena gesekan, serta jamur.

Hindari Menggunakan Tisu Basah

Tidak dapat dihindari bahwa tas terkadang secara tidak sengaja mengalami insiden seperti terkena kotoran, makanan, air, minyak, dan tinta. Segera bersihkan tas dengan cara dilap dengan tisu kering terlebih dahulu. Lap tanpa harus menggosok atau menyegelnya. Sebaliknya, tepuk tas perlahan.

Jika berminyak, gosok perlahan dengan tepung maizena untuk menyerapnya. Jika terkena tinta, gosok perlahan dengan penghapus putih untuk menghilangkan noda. Hindari membersihkan tas menggunakan tisu basah karena kandungan alkohol pada tisu basah dapat menghitamkan tas.

Lakukan Perlakuan Khusus

Seperti halnya barang lainnya, kualitas tas branded akan menurun seiring berjalannya waktu, apalagi jika tas tersebut sering dipakai dan disimpan terlalu lama. Warna tas memudar, bentuk tas tidak sesempurna sebelumnya, atau bahan kulit mulai melunak.

Nah, jika perawatan di atas sudah dilakukan dan beberapa tidak berhasil, Anda bisa melakukan perawatan khusus atau perbaikan ke layanan profesional, cukup banyak layanan spa tas mewah. Harganya cukup mahal, mulai dari Rp. 500 ribu hingga jutaan, tergantung perawatan dan perbaikan yang dibutuhkan.