Berbagai Aksesoris Bola Basket Agar Bemain Lebih Keren

Untuk anda saat ini yang masih awam tentang bola basket munkin berikir aksesoris yang di gunakan oleh pemain basket hanya untukkeperluan gaya saja. Padahal aksesoris yang mereka gunakan itu memiliki fungsi masing – masing yang akan memberikan manfaat kepada pemakainya.

Untuk diketahui, perlengkapan bermain bola basket bukan hanya tentang sepatu dan kaus bola basket terbaik saja, namun ada beberapa aksesoris bola basket yang juga memiliki fungsi penting dalam memberikan performa terbaik bagi para pemainnya. Ini bukan hanya soal gaya.

Berbagai Aksesoris Bola Basket Agar Bemain Lebih Keren

Manfaat menggunakan aksesoris basket

Berdasarkan penelitian dari American Journal of Medicine (1987) dan Journal of Sports Science mengungkapkan bahwa penggunaan lengan dalam olahraga dapat meningkatkan kinerja seorang atlet dan juga dapat mengurangi rasa sakit selama masa penyembuhan.

Selain itu, penggunaan aksesoris pasca cedera juga bisa dikategorikan sebagai efek plasebo. Plasebo adalah istilah medis yang berarti suatu upaya pengobatan dengan memberikan sugesti positif kepada pasien sehingga nyeri pasien berkurang.

Selain itu, penggunaan aksesori pasca cedera bisa juga dikategorikan sebagai efek placebo. Placebo adalah sebuah istilah medis yang berarti sebuah upaya pengobatan dengan cara memberikan sugesti positif kepada pasien agar rasa sakit yang diderita pasien berkurang.

Penggunaan aksesoris oleh pemain professional sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu, namun penggunaannya meningkat saat Allen Iverson mulai mengenakannya dengan tujuan pencegahan pasca cedera, karena sebelumnya Iverson pernah mengalami cedera di bagian siku pada tahun 2000 silam.


Aksesoris basket terbaik

Dari banyaknya aksesoris basket, berikut beberapa yang sering digunakan oleh para pemain basket, khususnya para pemain basket profesional. Silakan disimak fungsinya!

Headband

Headband atau pengikat kepala adalah salah satu aksesoris basket yang paling populer. Kegunaan dari benda ini adalah lebih kepada mengatur rambut bagi mereka yang memiliki rambut panjang, agar pandangan tidak terhalang.

Namun, bagi mereka yang berkepala plontos atau botak, penggunaan headband lebih kepada fungsi untuk menyerap keringat. Jadi, tidak hanya sekadar untuk gaya-gayaan pemain saja. Para pemain yang biasa menggunakan headband adalah LeBron James. Di Indonesia Mario Wuysang identik dengan penggunaan headband.

Shooting Arm Sleeve

Banyak pemain yang sekarang ini menggunakan shooting arm sleeve. Alasannya, dapat membantu para pemain basket tersebut untuk lebih mudah menggunakan teknik dribble, memegang bola basket dan bergerak dalam menembak bola.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena arm sleeve mampu menjaga kehangatan otot dan mencegah terjadinya luka robek, sehingga pemain lebih leluasa dalam melakukan pergerakan. Pemain NBA yang sering menggunakan ini adalah Russel Westbrook, Carmelo Anthony, LeBron James, Luka Doncic, dan banyak pemain lainnya.

Kacamata

Aksesoris basket kacamata sudah digunakan sejak lama, jauh sebelum era LeBron James atau Stephen Curry di NBA. Legenda Los Angeles Lakers, Kareem Abdul Jabar sudah menggunakannya. Beberapa pemain lainnya yang menggunakan kacamata saat bermain basket adalah Horace Grant dan Amare Stoudemire.

Fungsi kacamata adalah untuk memperjelas padangan para pemain yang memiliki kekurangan dalam penglihatan, khususnya bagi mereka yang tidak ingin menggunakan kontak lens.

Mouthguard

Mouthguard atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan pelindung gigi tidak hanya dipakai pada olahraga tinju, di banyak jenis olahraga lain alat ini juga digunakan, termasuk olahraga bola basket.  Fungsi dari mouthguard adalah melindungi gigi saat terjadi benturan antar pemain dan menghindari berbagai jenis pelanggaran.

Leg Sleeve

Fungsi penggunaan leg sleeve atau leg pad hampir sama dengan arm sleeve, terutama dalam membantu pergerakan kaki agar lebih leluasa. Karena saat menggunakan leg sleeve maka kamu akan merasakan bahwa benda tersebut dapat menghangatkan otot, menyerap dan mengeringkan keringat, membantu menghilangkan rasa sakit dari otot, dan mempercepat pemulihan otot, cocok juga untuk melatih lompatan saat latihan.