Cara Menghilangkan Bulu Wajah dengan Aman dan Efektif

Tumbuhnya rambut atau bulu halus di wajah terkadang membuat orang merasa kurang percaya diri. Untuk membuat wajah terlihat lebih bersih dan halus, ada beberapa cara menghilangkan bulu wajah yang bisa dilakukan.

Kulit wajah sangat sensitif jika di bandingkan dengan kulit yang lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati saat melakukannya. Simak berbagai cara menghilangkan bulu wajah secara mandiri di rumah atau melalui perawatan medis, lengkap dengan manfaat dan risikonya di artikel berikut ini.

Cara Menghilangkan Bulu Wajah dengan Aman dan Efektif

Cara menghilangkan bulu di wajah secara alami

Umumnya, tumbuhnya rambut halus di wajah bisa dipengaruhi oleh perubahan hormonal atau faktor genetik.

Adanya bulu halus di wajah biasanya akan sangat mengganggu bagi sebagian wanita. Jika Anda ingin menghilangkannya, berikut berbagai cara menghilangkan bulu wajah secara alami yang bisa Anda coba.


Mencukur bulu wajah

Salah satu cara menghilangkan bulu di wajah yang paling mudah dan murah dilakukan adalah mencukur bulu wajah.  Anda hanya perlu membersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan krim cukur agar permukaan wajah menjadi lebih halus dan mengurangi risiko terluka.

Kemudian, gerakkan alat cukur khusus wajah pada permukaan wajah dengan hati-hati. Setelah mencukur, bilas wajah dan oleskan pelembap agar kulit terhidrasi dengan baik.  Namun, cara menghilangkan bulu halus di wajah ini tidak permanen. Ini artinya, rambut-rambut halus di wajah bisa saja tumbuh lagi di kemudian hari.

Perlu diketahui pula bahaya mencukur bulu di wajah bisa membuat kulit iritasi dan kasar. Tak hanya itu, risiko rambut tumbuh ke dalam kulit (ingrown hair) juga bisa terjadi.  Jangan lupa untuk rutin mengganti pisau cukur tiap 12-18 bulan sekali tergantung seberapa sering pemakaian.


Mencabut bulu wajah

Cara menghilangkan bulu di wajah yang tak kalah mudah berikutnya adalah mencabut bulu wajah.  Anda mungkin bisa mencabut bulu halus di wajah menggunakan Pinset, yang mampu menarik rambut sampai ke akarnya.

Hasilnya pun dapat bertahan lebih lama 3-8 minggu dari cara menghilangkan bulu halus di wajah dengan mencukurnya. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan pinset sudah dibersihkan menggunakan cairan alkohol.

Mencabut bulu wajah diawali dengan membasuh wajah dengan kain waslap yang telah dibasahi air hangat untuk melembapkan kulit terlebih dahulu. Air hangat dapat membantu membuka pori-pori sehingga memudahkan untuk mencabut rambut halus di wajah.

Kemudian, tarik bagian kulit yang terdapat bulu halus, agar mengencang. Kemudian, jepit bulu menggunakan pinset dan tarik dengan cepat. Segera bersihkan pinset menggunakan cairan alkohol setelah pemakaian.

Perlu diingat bahwa mencabut bulu di wajah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Meski jarang menimbulkan rasa sakit, Anda bisa menggosokkan es batu yang dibungkus dengan handuk pada area wajah untuk mengurangi kemerahan dan peradangan.

Cara menghilangkan bulu pada wajah ini pun juga tidak permanen. Jadi, rambut halus juga bisa tumbuh lagi di kemudian hari. Selain itu, bahaya mencabut bulu di wajah, termasuk membuat kulit kemerahan dan meningkatkan risiko infeksi dan rambut tumbuh ke dalam.


Waxing

Waxing adalah cara menghilangkan bulu di wajah yang paling umum dilakukan. Cara menghilangkan rambut halus di wajah ini dilakukan menggunakan wax atau lilin panas atau dingin.

Pertama, bahan lilin akan dioleskan ke permukaan kulit sesuai dengan arah pertumbuhan bulu. Kemudian, plester kain diletakkan di atasnya. Saat plester diangkat, bulu halus yang sudah menempel pada lilin akan tercabut.

Setelah waxing selesai dilakukan, Anda bisa menghilangkan sisa-sisa lilin menggunakan baby oil dan oleskan pelembap wajah.  Anda tidak disarankan untuk melakukan waxing sendiri di rumah. Cara yang paling aman adalah melakukannya di klinik kecantikan oleh dokter estetika atau terapis berpengalaman.

Sebelum cara menghilangkan rambut di wajah ini dilakukan, pastikan Anda memilih lilin yang lembut atau diformulasikan khusus pada wajah. Lakukan tes pada kulit terlebih dahulu untuk melihat ada tidaknya reaksi alergi yang mungkin muncul.

Jika Anda sedang rutin menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinoid, hindari waxing sebagai cara menghilangkan bulu pada wajah karena dapat berisiko merusak kulit. Hentikan pemakaian retinoid selama 2 hari jika ingin melakukan waxing.

Walaupun aman dilakukan dan tidak menimbulkan rasa sakit, waxing juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman hingga berisiko infeksi. Bulu di wajah juga tidak akan hilang secara permanen sehingga cara menghilangkan bulu pada wajah ini perlu dilakukan secara rutin.