Tips Aman Memilih Obat Online

Di masa pandemi Covid-19, ada berbagai perlengkapan yang harus selalu ada sebagai sarana pertahanan diri dari virus corona. Seperti obat dan vitamin, yang merupakan dua hal penting, hampir selalu dimiliki oleh keluarga di tengah pandemi. Dua hal ini dinilai mampu menjaga kesehatan, sekaligus menjaga daya tahan tubuh saat pandemi.

Saat ini, kebanyakan orang mungkin lebih suka mencari obat dan vitamin secara online. Namun sayangnya, tidak semua obat dan vitamin yang beredar aman untuk dikonsumsi, lho.

Selain itu, berbelanja obat dan vitamin secara online juga meningkatkan risiko Anda mengalami kerusakan dan kadaluarsa obat atau vitamin, serta Anda tidak dapat memperoleh informasi penggunaan dan efek samping obat dari apoteker.

Nah, agar tetap aman saat berbelanja obat dan vitamin secara online, berikut tips dari buku panduan All-Covid-19 yang dikeluarkan BPOM. Silakan coba!

Tips Aman Memilih Obat Online

Beli di Tempat Resmi

Kamu disarankan untuk membeli obat yang ada di tempat penjualan resmi. Seperti di sarana pelayanan kesehatan resmi, tempat kefarmasian, maupun apotek resmi. Jika kamu tetap ingin beli obat atau vitamin secara online, pastikan kamu membeli produk di website resmi maupun official store yang ada di berbagai e-commerce. Misal anda membutuhkan Ivermax 12 Ivermectin untuk keperluan anda.

Resep Dokter

Ketika kamu ingin membeli obat dengan golongan obat keras, sebaiknya gunakan resep dokter dan jangan sembarangan menggunakan obat tersebut ya. Dikutip dari situs resmi BPOM, obat keras merupakan obat yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter saja. Obat yang memiliki tanda lingkaran bulat merah dengan garis tepi hitam serta huruf K di tengahnya, merupakan ciri dari obat keras.

Obat keras yang diminum tanpa resep dokter dan tidak sesuai dosis dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan lho. Untuk itu anda perlu menghindari obat keras ini. Anda perlu mempertanyakan dulu kepada dokter. Karena jika salah, anda akan merasakan efek samping yang justru akan merugikan anda.

Hati- Hati Saat Berbelanja Online

Di zaman serba teknologi ini, semua barang bisa didapatkan melalui belanja online. Tapi, kamu harus berhati- hati ya, jika ada penawaran obat atau vitamin secara online dan sumbernya tidak dapat diketahui secara pasti. BPOM mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap obat illegal yang dijual bebas melalui platform di media sosial.

Beli Secukupnya

Meskipun selama pandemi kamu harus menjaga kesehatan semaksimal mungkin. Tapi, bukan berarti kamu harus menyimpan stok vitamin atau obat secara berlebihan ya. Ada baiknya kamu membeli obat dan vitamin secukupnya saja dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Periksa KLIK (Kemasaan, Label, Izin Edar, dan Kedarluwarsa)

Setiap obat dan vitamin yang ada di pasaran seharusnya sudah memiliki izin BPOM. Agar lebih pasti, lakukan sejumlah langkah pengecekan sebelum membeli dan mengonsumsi obat atau vitamin. Lakukan pengecekan KLIK seperti berikut ini:

·         Kemasan. Perhatikan kemasan produk. Kemasan harus dalam kondisi baik, tidak berlubang, robek, karatan, penyok, dan lain sebagainya.

·         Label. Baca informasi produk yang tertera pada label kemasan dengan cermat.

·         Izin Edar. Pastikan produk yang kamu beli memiliki izin edar dari BPOM. Izin edar ini dapat dicek melalui aplikasi Cek BPOM ya

·         Kedarluwarsa. Pastikan obat dan vitamin yang dibeli tidak melebihi batas kedarluwarsa.

Nah, itu dia tips aman ketika membeli obat atau vitamin secara online. Jangan lupa untuk diterapkan ya!