Tips Mengoptimalkan Manfaat Tablet dan Smartphone

Sebelumnya, saya tidak pernah membayangkan perkembangan gadget seperti smartphone dan tablet PC akan berkembang secepat ini. Coba lihat di pasaran, ada banyak sekali perangkat yang menawarkan berbagai fitur yang semakin hari semakin canggih. Spesifikasi yang diusung pun tak main-main, bahkan menyaingi notebook atau laptop.

Selain itu, dukungan aplikasi dan sistem operasi mempercepat perkembangan perangkat mobile yang kini semakin banyak dimiliki oleh masyarakat. Pagi ini saya tiba-tiba teringat sebuah pertanyaan yang beberapa tahun lalu ditanyakan oleh salah satu kenalan, kurang lebih dia menanyakan hal seperti ini:

Apa cara yang benar untuk menggunakan tablet (untuk produktivitas)? Saya membeli tablet beberapa hari yang lalu tetapi tidak tahu untuk apa. Apakah itu benar-benar satu-satunya akun yang tidak dapat membuat item ini? Mengapa terasa begitu sia-sia?

Dari pertanyaannya sudah bisa ditebak bahwa ia bingung untuk memanfaatkan perangkat yang saat itu dibelinya dengan harga kurang lebih 7 juta rupiah dan ia merasa bahwa perangkat itu tidak ada gunanya. Memang, kenalan saya yang ini bukanlah tipe orang yang mau membeli barang hanya untuk dipamerkan alias gaya-gayaan saja.

Tapi entah setan apa yang merasukinya waktu itu sehingga dia tiba-tiba membeli perangkat tablet tanpa tau harus digunakan untuk apa. Dan beberapa hari kemudian ia langsung menjual perangkat tersebut karena saya pun belum bisa memberikan saran yang baik untuknya karena memang saat itu fitur dari tablet tersebut sangatlah terbatas.

Tips Mengoptimalkan Manfaat Tablet dan Smartphone

Namun keadaan sudah jauh berbeda saat ini. Banyak tablet murah yang di jual. Dengan harga yang relatif murah saja kita bisa mendapatkan gadget yang hampir serba bisa yang dibekali dengan spesifikasi yang cukup untuk melakukan banyak hal.

Dan memang seharusnya saya bisa memanfaatkan potensi besar yang dimiliki oleh smartphone ini dengan lebih baik lagi.

Nah jika kamu juga merasakan kebingungan yang sama dengan kenalan saya itu untuk memanfaatkan tablet atau smartphone milikmu, maka kamu wajib untuk lanjut membaca postingan ini hingga akhir karena saya akan memberikan beberapa tips untuk mengomptimalkan penggunaan gadget canggihmu agar tidak mubazir. Berikut diantaranya :

Apalah artinya prosesor cepat, RAM besar, fitur lengkap tapi cuma dipake buat narsis, chatting dan main socmed saja? Hey, harusnya kamu tau kalau kamu bisa memanfaatkan itu semua untuk hal yang lebih bermanfaat!

Beberapa profesi mungkin tidak terlalu membutuhkan smartphone atau tablet, tapi di beberapa profesi lain perangkat ini bisa sangat besar manfaatnya! Sebut saja mbak-mbak online shop, jurnalis/wartawan, blogger atau mungkin wirausahawan di bidang lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan spesifikasi yang ada untuk mempercepat pekerjaanmu khususnya ketika kamu sedang tidak membawa laptop. Untuk wartawan atau blogger misalnya, kamu bisa memanfaatkan fitur multitasking untuk mengambil foto, edit gambar (crop, perbaikan warna, memberi watermark) dan kemudian membuka browser untuk memposting dan upload gambar yang kamu ambil tadi.

Tentu saja kamu juga bisa memanfaatkan smartphone mu untuk mencatat atau merekam baik secara audio (sebagai catatan cepat) ataupun visual agar kamu ingat soal apa yang kamu saksikan dan ingin kamu sampaikan kepada para pembaca mu.

Hal ini pastinya akan bisa mempercepat proses memposting laporan mu itu, khususnya ketika kamu menghadiri event-event tertentu agar kamu bisa memberikan informasi ter-update dan tercepat bagi para pemirsa mu.

Fitur multitasking ini juga bisa dimanfaatkan oleh kamu para sista-sista online shop. Kebetulan saya juga pernah menjalankan beberapa bisnis online dan saya bisa merasakan betapa pentingnya fitur multitasking khususnya untuk meladeni calon pembeli yang agak rewel.

Kamu bisa mengambil foto produkmu, melakukan editing (perbaikan warna & memperkecil ukuran gambar untuk menghemat kuota saat meng-upload), membuka aplikasi chat dan mengirimkan foto tersebut kepada konsumen.

Jika diperlukan, kamu juga bisa memanfaatkan kecepatan multitasking untuk membuka aplikasi tempat kamu menyimpan data produk mu, meng-copy dan mengirimkan data tersebut pada konsumen.