Memilih Sepatu yang Tepat untuk Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan momen penting yang tidak bisa dianggap enteng. Selain mempersiapkan beberapa hal terkait pekerjaan, penampilan pertama Anda juga akan menjadi penilaian.

Betapa menyebalkannya jika Anda gagal diterima hanya karena penampilan Anda yang 'salah'. Untuk menghindari kesalahan saat menghadiri wawancara, Anda harus memperhatikan ulasan berikut.

Memilih Sepatu yang Tepat untuk Wawancara Kerja

Sepatu Desain Profesional dan Abadi

Agar tidak salah kostum saat wawancara, sebaiknya pilih baju dan sepatu yang 'aman'. Anda bisa menggunakan sepatu timeless dan profesional, agar penampilan Anda tidak dinilai minus oleh pewawancara.

Jangan Menggunakan Hak Tinggi Lebih Dari 5 cm

Sepatu hak tinggi memang menciptakan efek tajam dan membuat Anda terlihat profesional. Namun sebaiknya Anda memakai heels yang tidak lebih dari 5 cm agar Anda tetap nyaman saat wawancara.

Sepatu datar

Jika Anda kurang nyaman memakai sepatu hak tinggi, Anda bisa memakai sepatu flat andrew shoes sebagai pilihan. Namun bukan sembarang sepatu flat yang bisa digunakan. Pilih sepatu datar berujung runcing agar terlihat profesional.

Ballerina Flats

Salah satu alternatif sepatu yang bisa kamu kenakan untuk menghadiri interview adalah ballerina flats, utamanya jenis brogues dan oxford. Jenis sepatu ini akan membuatmu nyaman sekaligus smart dalam waktu bersamaan.

Kitten Heels

Kitten heels rasanya menjadi pilihan tepat bagimu, yang tidak menyukai high heel maupun flat shoes. Dengan heels antara 2,5 - 5 cm, sepatu ini disukai oleh berbagai kalangan.

Brogues

Jika kamu menyukai pola yang rumit namun tetap terlihat feminin, sebaiknya kamu mengenakan sepatu berjenis brogues. Sepatu ini memang memiliki pola yang sedikit rumit, mulai dari ujung kaki sampai tumit. Namun tenang saja, sepatu ini memiliki tali yang tertutup dan akan membuatmu tampak feminim.

Hindari Wedges dan Block Heels

Wedges dan block heels memang nyaman saat digunakan, namun terasa terlalu berat dan kasual jika dikenakan saat interview. Hindarilah penggunaan sepatu ini karena justru terlihat mengganggu dari segi penampilan maupun suara yang ditimbulkan.

Hindari Sepatu dengan Ujung Terbuka

Jari dan kuku yang terlihat akibat ujung sepatu yang terbuka, seringkali kurang sedap untuk dipandang. Hindarilah sepatu jenis ini dan beralihlah pada sepatu dengan ujung tertutup ya Girls.

Hindari Sepatu dengan Warna Mencolok

Jika kamu mendatangi interview pada suatu perusahaan, sebaiknya kamu gunakan sepatu dengan warna netral seperti hitam, coklat gelap, atau biru tua. Hindarilah mengenakan sepatu dengan warna yang mencolok mata.

Hindari Sepatu dengan Aksen Berlebihan

Selain warna yang mencolok mata, sepatu dengan aksen berlebihan sebaiknya juga tidak kamu kenakan untuk menghadiri interview. Tentu kamu tidak mau dicap lebay, bukan?

Jangan Mengenakan Sepatu Kotor

Hal terpenting saat mendatangi interview adalah kamu tidak boleh menunjukkan penampilan yang kotor. Jadi, sebisa mungkin kenakan pakaian dan sepatu yang bersih. Jangan biarkan sepatu yang kotor dan rusak mempengaruhi penilaianmu.

Jangan Mengenakan Sandal

Hindarilah mengenakan sandal saat mendatangi interview kerja. Ini adalah harga mutlak yang wajib kamu perhatikan. Jika memang cuaca sedang hujan saat kamu hendak mendatangi lokasi interview kerja, kamu tetap harus membawa sepatu resmi untuk dikenakan saat interview berlangsung.

Tak perlu bingung sepatu mana yang harus kamu kenakan. Cukup dengan memegang prinsip kenyamanan dan kesesuaian dengan kultur kantor yang akan didatangi, maka kamu tidak akan salah langkah. Go, Girls!